Tugas Pengantar Manajemen
ANALISIS
SWOT PADA PERUSAHAAN SAMSUNG
Disusun
oleh:
R. Ridlo Rien Rizqy
MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
Analisa SWOT adalah sebuah bentuk analisa
situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran). Analisa ini
menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor masukan, yang kemudian
dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang harus diingat
baik-baik oleh para pengguna analisa SWOT, bahwa analisa SWOT adalah
semata-mata sebuah alat analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang
sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapi oleh organisasi, dan bukan
sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang cespleng bagi
masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi.
Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar
yaitu :
1.Strength (S), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari
organisasi atau program pada saat ini.
2.Weakness (W), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari
organisasi atau program pada saat ini.
3.Opportunity (O), adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar
organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan.
4.Threat (T),
adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi
dan dapat mengancam eksistensi organisasi dimasa depan.
Profil
Perusahaan Samsung
Sebelum tahun 1997, Samsung lebih dikenal
dengan reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik dengan
produk- produk low-end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai
imitator, bukan innovator karena memang tidak melakukan
inosai-inovasi produk pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar
pada low cost yang direfleksikan dengan tenaga kerja yang murah.
Samsung belum mempunyai brand value dan belum memiliki pasar
internasional. Strategi yang dilakukannya pada saat itu adalah cost/
priceleadership.Samsung berfokus pada pasar-pasar tertentu, ia memilih fokus
pada pasar dengan permintaan terbesar, pasar Amerika yang perkembangannya
tinggi, juga pada pasar yang pertumbuhannya cepat, yaitu China.Samsung kemudian
berkembang menjadi perusahaan berskala internasional. Dimulai dari menyewa staf
yang berpendidikanAmerika atau berpengalaman secara signifikan di USA. Tiga
warga yang bukan berasal dari Korea Selatan menjadi anggota komisidirektur.
Warga asing memiliki 60% saham dari grup. Perusahaan sekarang menghasilkan 70%
dari pendapatannya di luar KoreaSelatan, manufaktur di 14 negara, termasuk
China dan Meksiko.Samsung juga mengadakan partnership dengan American. Pada
awal tahun 1997, Samsung hampir tidak berbisnis mobile phones di luar
Korea Selatan, tapi kemudian setelah mengadakan partnership, Samsung memperoleh
pesanan 1.8 juta handsets senilai$600 juta dari Sprint PCS Group. Reputasi
Samsung sekarang adalah high-end mobile handsets dan berkembang sebagai
supplier padaindustri ini.Setelah
mengadakan partnership dengan beberapa perusahaan ternama seperti Best Buy,
Radio Shack, dan Circuit City,Samsunglebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.
Pada tahun 2001 Samsung menjual produk-produk senilai $500, dan
menargetkan penjualan $1 miliyar di tahun 2002. penjualan terbaiknya
adalah DVD/VCR player dan mobile phone dan juga PDA.
Salah satu kunci sukses Samsung terletak pada
desain. Teknologi dan desain pada Samsung sangat baik. Samsung memiliki300
desainer bertalenta di Seoul dan empat kamtor desain di USA, Eropa, dan Jepang.
Penekanan
produknya adalah pada gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat
pada perubahan-perubahan pasar.
Strength
(kekuatan)
* Samsung memiliki brand-image yang melekat
di masyarakat.
* Samsung telah memprakarsai
Era Digital.
* Samsung menawarkan produk-produk yang
berkualitas.
* Samsung senantiasa melakukan
inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
* Teknologi yang diciptakannya mengikuti
perkembangan jaman.
* Desain produk-produk Samsung sangat baik
dan diunggulkan.
* Harga produk-produk Samsung bervariasi dan rata-rata
terjangkau
* Adanya diversifikasi produk
* Samsung merupakan supplier high-end mobile
handsets.
* Samsung
merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara
produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
* Pada
tahun 2008 Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki
posisi No.1 pangsa pasar TV duniaselama sembilan kali secara berturut-turut,
* Dengan
pandangan ke depan, Samsung telah membuat kemajuan bersejarah di bidang RnD
lini semikonduktor, termasuk flashmemori dan non-memori, semikonduktor khusus
pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi LCD yang terbaik dikelasnya,
telepon seluler, peralatan digital, dan lebih
banyak lagi.
* Samsung
mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.
Weakness
(Kelemahan)
* Budaya
Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau
pendapat yang berbeda.
* Budaya korporasi Korea yang tidak
fleksibel.
* Pengalaman dalam mengelola perusahaan
global masih terbatas.
* Adanya
tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat
karyawan berusaha menjualteknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
Opportunity
(Kesempatan)
* Produk-produk
yang ditawarkan Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu
dicari.
* Adanya
peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah
merupakan suatu kebutuhan.
* Tingkat
gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan
tercanggih.
* Pengaruh
globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
*
Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan
respon yang cepat pada perubahan- perubahan pasar.
Threat
(Ancaman)
* Adanya
ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit
ditembus.
* Kekuatan merek lain yang lebih dahulu
mengusai pasar.
* Munculnya produk-produk baru yang lebih
inovatif dari perusahaan lain.
* Adanya
produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah
dengan kualias yang tidak kalah bagus.
* Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap
negara.
* Terjadinya krisis financial menyebabkan
turunnya daya beli masyarakat.
* Era
globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi
pasar Asia.
MATRIX ANALISIS SWOT
SAMSUNG
Strength
* Samsung memiliki brand-imageyang melekat
di masyarakat.
* Samsung telah memprakarsai Era Digital.
* Samsung menawarkan produk- produk yang
berkualitas.
* Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi
pada perkembangan produknya.
* Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan
jaman.
* Desain produk-produk Samsung sangat baik
dan diunggulkan.
* Harga produk-produk Samsung bervariasi
dan rata-rata terjangkau.
* Adanya diversifikasi produk
* Samsung merupakan supplier high-end
mobile handsets.
* Samsung merupakan pemegang pangsa pasar
global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung,
termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
* Pada tahun 2008 Samsung
menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa
pasar TV dunia selama sembilan kali secara berturut-turut.
* Dengan pandangan ke depan, Samsung telah
membuat kemajuan bersejarah di bidang RnD lini semikonduktor, termasuk
flashmemori dan non-memori, semikonduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan
juga memproduksi LCD yang terbaik dikelasnya, telepon seluler, peralatan digital, dan lebih banyak lagi.
* Samsung mengadakan partnership dengan Amerika dan
perusahaan-perusahaan ternama.
|
Weakness
* Budaya Korea yang lebih menekankan
hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda.
* Budaya korporasi Korea yang tidak
fleksibel.
* Pengalaman dalam mengelola perusahaan
global masih terbatas.
* Adanya tekanan yang ketat pada karyawan
untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi
rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
|
|
Opportunity
* Produk-produk yang ditawarkan Samsung
merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
* Adanya peningkatan permintaan masyarakat
akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
* Tingkat gengsi pada masyarakat yang
selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
* Pengaruh globalisasi yang mendorong
pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
* Permintaan masyarakat pada produk-produk
yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-
perubahan pasar.
|
Strategi SO
* Selalu
melakukan inovasi pada produk-produknya.
* Melakukan
investasi lebih pada R n D untuk perkembangan produknya.
* Karena desain
dan style merupakan kunci sukses Samsung,maka diperlukan adanya perekrutan
desainer-desainer yang bertalenta.
* Memanfaatkan
produksi massal,sehingga biaya dapat ditekan dan dapat menawarkan harga
yangmurah.
* Terus
mengadakan partnership dengan perusahaan-perusahaan ternama untuk menghadapi
pemasaran tiada batas.
|
Strategi WO
* Samsung perlu
membuang bias Korea mereka dan merekrut lebih banyak bakat kreatif dari
negara lain, karena sistem pendidikan diKorea tidak mendukung lahirnya insinyur
dan manajer yang kreatif.
* Mengubah gaya
kepemimpinan Samsung yang kaku, sehingga menjadi lebih fleksibel dalam
berinovasi.
* Membeli/bekerja
sama dengan perusahaan lain untuk memperoleh teknologi lanjut untuk lebih
mempercepat kemajuan teknologi, namun sebelumnya harus mempelajari teknik-teknik
merger dan akuisisidi luar negeri.
* Menjaga
kesetiaan dan disiplin organisasi yang kuat.
|
Threat
* Adanya ketergantungan produk-produk lokal
pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus.
* Kekuatan merek lain yang lebih dahulu
mengusai pasar.
* Munculnya produk-produk baru yang lebih
inovatif dari perusahaan lain.
* Adanya produk-produk dari perusahaan lain
yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus.
* Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap
negara.
* Terjadinya krisis financial menyebabkan
turunnya daya beli masyarakat.
* Era globalisasi yang dapat mendorong
perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.
|
Strategi ST
* Secara aktif
berinvestasi pada pemasaran dan distribusi.
* Membuat brand-image.
* Samsunglebih
mendunia, sehingga konsumen lebih tertarik pada samsung.
* Mengalokasikan
sumber daya pemasarannya untuk meningkatkan citra merek.
* Terus menerus
melakukan inovasi produk agar tidak
kalah dengan kompetitor lainnya.
* Efisiensi
produk dengan investasi perusahaan pada fasilitas produk dan teknologi
pemrosesan yang mengurangi biaya danmeningkatkan laba.
* Perhatian
lebih pada teknologi,kualitas, deferensiasi produk, dan kepeminpinan harga
dengan tetapmengedepankan kualitas.
* Memperluas
pasar dengan memanfaatkan kekuatan-kekuatan yang dimilikinya.
|
Strategi WT
* Menciptakan
brand-image yang lebih kuat untuk menarik lebih banyak konsumen.
* Selalu
berinovasi dan tetap mengupayakan desain-desain yang menarik
* Melakukan
hubungan kerja sama yang lebih intensif untuk merambah pangsa pasar yang lebih
luas.
* Mengubah gaya
manajemen menjadi lebih bersifat fleksibel sehingga dapat meningkatkan kreativitasnya.
|
makasih atas materinya. sangat membantu. :)
BalasHapusyuup.... sama2 hafifa....
Hapuspas bagt sama tugas saya, trimakasih yaa
BalasHapuskeren bangat blog kamu . kamu juga cakep bangat. kirim salam aku sama dude harlino
BalasHapusisinya sama kayak blog lainnya.....
BalasHapus