Minggu, 13 Mei 2012

Tips Ampuh Mencegah Keylogger di Warnet



Hari ini saya akan membahas sedikit tentang cara mencegah, mengantisipasi, menghindari keylog
ger. Kenapa saya bahas tentangkeylogger? karena banyaknya kejadianpencurian email akun, email facebook beserta passwordnya yang cukup merugikan bagi si pemilik akun tersebut. dan biasanya ulah dari si pemasang keylogger adalah si empu warnet atau penjaga warnet itu sendiri. ulah sipemasang keylogger hanya sekedar iseng, untuk mengambil chip poker, atau biasanya ingin mengintip data pribadi si korban. Cukup meresahkan bukan?
Dan kejadian ini pernah dialami kawan saya, dia mengeluh kepada saya akun facebook beserta emailnya telah berpindah tangan alias akunnya telah di hack, karena dia sendiri selalu main di warnet. dan kejadian itu telah di buat tidak-tidak oleh si pelaku yang telah mengupdate status yang menjelek-jelekan kawan saya. Sedikit kisah tentang kawan saya, Oke semoga kejadian ini tidak terjadi pada anda.
Langsung saja bagi anda yang belum tahu apa itu keylogger?, akan saya paparkan pengertiannya. Keylogger merupakan suatu perangkat lunak yang fungsinya untuk merekam aktifitas dari keyboard yang kemudian hasilnya disimpan dalam sebuah log/catatan/hasil rekaman.
Dalam tutorial terdahulu saya pernah membahas memasang keylogger di addons mozilla firefox namun itu hanya sebuah keylogger di mozilla firefox. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membahas Tips Ampuh Mencegah Keylogger di Warnet.

Cara Ampuh Mencegah Keylogger berikut ini paparannya :
1. Sebelum anda ke warnet pastikan anda telah menulis alamat email beserta password ke dalam sebuah notepad dan anda bisa simpan di flasdisk, lalu saat anda login email ataupun facebook di warnet anda cukup mengcopy-paste saja. Mengapa demikian?. Karena keylogger hanya bekerja pada sebuah ketikan pada keyboard, tetapi tidak pada copy-paste.
2. Jika anda ingin memakai keyboard sebaiknya pakai virtual keyboard yang ada di windows. Anda bisa masuk ke START - All Programs - Accessories - Accessibillity - On Screen Keyboard.
3. Pakai aplikasi anti keylogger anda bisa search di google karena saya tidak bahas disini.

Saran :
Usahakan sebaiknya anda jangan login akun facebook atau email penting anda di warnet, karena apabila kena keylogger anda tahu sendiri resikonya. Jika memang kepepet untuk ke warnet ikuti langkah-langkah diatas. Dan jika ada uang lebih anda bisa tabung, beli laptop sendiri dengan harga yang sudah murah untuk sekarang ini.
Amankan akun anda jangan sampai pindah tangan dari orang - orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekian.. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar