Minggu, 20 Mei 2012

Flash Disk Data Hilang


Sangat menjengkelkan memang apabila semuadata penting terinfeksi virus maka akan rusak bahkan hilang. Belum lagi semua data penting itu adalah di backup flashdisk. Jika data yang baru kita copy tiba-tiba hilang setelah kita mencolok flashdisk di warnet. Scan flashdisk dengan antivirus saja belum cukup, karena biasanya antivirus hanya dapat membrantasvirus tapi tidak dapat mengembalikan file kita yang telah hilang.

Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.

Sebenarnya file-file tersebut tidak hilang, namun hanya di sembunyikan oleh virus.Cara mengembalikan file-file kita yang disembunyikan oleh virus adalah sebgai berikut:
1. Masuk ke Dos atau Command Prompt
-bisa dengan cara Run ketik cmd
2. Ketikkan *.*/A:H /S
Penjelasan:
/A:H adalah untuk menampilkan file dalam mode hidden.
/S adalah untuk mencari seluruh folder
Beberapa dari file akan muncul, setelah dikonfirmasi ternyata memang itu yang
Dicari.

Setelah diketahui bahwa file-file tersebut memiliki attribute H dan S (H:hidden dan S:system) maka jalankan perintah untuk mengembalikan file-file tersebut agar tidak tersembunyi lagi, maka perintahnya adalah:
ATTRIB –H –S

Booom!!??
File-file tersebut kembali seperti sebelum terkena virus…hehe…
Semoga bermanfaat…



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar